Ciri-Ciri, Gejala Kutil Kelamin dan Cara Pengobatannya

Ciri-Ciri, Gejala Kutil Kelamin dan Cara Pengobatannya – Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang ciri-ciri kutil kelamin dan gejala kutil kelamin. Kali ini saya akan membahas satu persatu dengan membahas tentang penyakit kutil kelamin supaya Anda tahu apa arti dari kutil kelamin. Silahkan simak artikel di bawah ini jangan sampai terlewatkan artikel lainnya.

Ciri-Ciri, Gejala Kutil Kelamin dan Cara Pengonatanya

Apa ciri-ciri kutil kelamin?

Untuk kutil kelamin berukuran sangat kecil sehingga sangat sulit terlihat oleh kasap mata. selain kecil, ciri-ciri kutil kelamin yaitu menyerupai bintik atau benjolan yang berwarna merah muda atau abu-abu. Selain itu, munculnya kutil kelamin juga bisa satu-persatu dan bisa membentuk kelompok. Beberapa ciri-ciri kutil kelamin di bagi menjadi 2 yaitu ciri-ciri kutil kelamin pria dan wanita :

Pada pria :

  • Di bagian batang dan ujung penis
  • Anus
  • Kantung zakar
  • Paha di bagian atas
  • Di bagian sekitar anus
  • Di dalam uretra

Pada wanita :

  • Anus
  • Bagian dinding vulva
  • Vulva
  • Leher rahim
  • Paha di bagian atas
  • Mulut
  • Tenggorokan
Apa itu human papillomavirus?

Human papillomavirus (HPV) adalah kelompok yang memiliki lebih dari 70 jenis virus yang dapat menyebabkan kutil atau papiloma. Meskipun beberapa jenis HPV menyebabkan kutil umum pada tangan dan kaki, HPV genital ditularkan secara seksual dan dapat menyebabkan kutil pada area genital dan dubur pada pria dan wanita. Beberapa jenis HPV dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker serviks rahim.

Bagaimana virus human papillomavirus itu terinfeksi?

Virus ini berkomunikasi dengan kontak langsung dengan kutil atau kulit yang terinfeksi oleh virus, saat melakukan hubungan seksual. Hal ini dimungkinkan untuk menginfeksi tangan dan mulut melalui kontak saat berhubungan seks oral atau sebelum melakukan hubungan intim. Sekitar 50% orang yang terinfeksi HPV tidak pernah memiliki genital warts namun masih bisa menularkan virus ke orang lain.

Apa faktor risiko human papillomavirus?

Faktor risiko utama meliputi:

  • Memiliki seks yang tidak aman
  • Berhubungan seks dengan lebih dari satu pasangan
  • Mulailah aktivitas seksual di masa remaja
  • Memiliki hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki banyak pasangan seksual
Bagaimana seseorang melindungi dari papillomavirus manusia?

Kemungkinan infeksi human papillomavirus dapat dikurangi dengan menghindari perilaku seksual berisiko. Untuk mengurangi risiko Anda:

  • Penggunaan kondom lateks atau poliuretan selama hubungan seksual dapat mengurangi risiko penularan namun tetap dapat terjadi jika kutil berada di bagian tubuh yang tidak tercakup oleh kondom.
  • Batasi jumlah pasangan seksual
Apa saja gejala human papillomavirus?

HPV dapat menyebabkan kutil dengan berbagai karakteristik. Mereka bisa tampak kecil atau besar, datar atau tinggi, tunggal atau banyak. Terkadang ada kemungkinan kutil tidak terlihat. Area yang paling umum di mana kutil terlihat adalah bagian luar vagina, di penis, dan di sekitar anus. Pada HPV wanita dapat menyebabkan produksi kutil di dalam vagina dan di leher rahim. Dalam setengah kasus, orang yang terinfeksi HPV tidak memiliki kutil.

Dapatkah infeksi papilomavirus manusia menyebabkan masalah kesehatan lainnya?

Beberapa HPV yang ditransmisikan secara seksual dikaitkan dengan kanker genital dan dubur pada wanita dan pria. Yang sangat penting adalah fakta bahwa beberapa jenis HPV dapat menyebabkan perubahan pada sel serviks, sehingga menghasilkan kanker di situs tersebut. HPV adalah faktor risiko kanker serviks yang paling penting pada wanita; Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh HPV. Jenis HPV yang menyebabkan kutil kelamin terlihat tidak biasanya yang menghasilkan perubahan prakanker pada sel serviks. Memiliki tes Pap secara teratur dapat membantu mendeteksi dan mengobati perubahan prakanker dini pada sel, sehingga mencegah kanker serviks.

Apa itu tes Pap?

Tes Papanicolaou (atau bekas luka) digunakan untuk mengevaluasi perubahan serviks, beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker. Tes ini sering dilakukan selama pemeriksaan ginekologi tahunan. Sel yang diperoleh dari serviks ditempatkan di kristal dan diperiksa di bawah mikroskop, mencari kelainan apapun. Hasil tes Pap menunjukkan adanya sel prakanker. Hasil abnormal tidak selalu menunjukkan perubahan prakanker. Wanita yang menerima laporan kelainan mungkin memerlukan tes baru atau mungkin memerlukan pengujian lebih lanjut. Jika hasil tes dalam mendeteksi sel prakanker pada tahap awal, mereka dapat diobati dengan sukses. Perubahan pada sel prakanker biasanya tidak menimbulkan gejala. Itulah sebabnya penting untuk melakukan tes secara teratur.

Apa dampak papillomavirus manusia terhadap kehamilan?

Karena perubahan hormonal selama kehamilan, kutil bisa tumbuh cukup besar untuk menyumbat jalan lahir. Dalam kasus tersebut, kutil mungkin memerlukan pembedahan, atau operasi caesar mungkin diperlukan. Dalam kasus yang jarang terjadi, HPV juga dapat menginfeksi bayi, menyebabkan kutil di tenggorokannya.

Bagaimana human papillomavirus didiagnosis?

Bagi banyak orang dengan HPV, tidak ada gejala infeksi yang jelas. Namun, jika kutil hadir, dokter dapat mendiagnosis HPV karena penampilannya yang khas, dan sejarah perkembangannya. Pada wanita, dokter mungkin menggunakan colposcope (instrumen seperti teleskop) untuk mencari kutil pada serviks atau vagina. Selain itu, hasil tes Pap menunjukkan infeksi HPV. Saat ini, tidak ada tes darah yang andal yang menegaskan diagnosis HPV.

Apakah ada pengobatan atau pengobatan untuk human papillomavirus?

Saat ini tidak ada obat untuk human papillomavirus. Setelah terinfeksi, orang tersebut membawa virus selama sisa hidup mereka, bahkan jika kutil tersebut dioperasikan. Perkembangan vaksin HPV sedang berlangsung namun belum tersedia.

Jika tidak diobati, beberapa kutil kelamin bisa hilang dengan sendirinya. Ada beberapa perawatan efektif untuk menghilangkannya. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, tidak satu pun perawatan berikut ini lebih baik daripada yang lain, dan mungkin diperlukan lebih dari satu untuk berhasil menghapus kutil. Perawatan ini meliputi:

  • Gel Podofilox, pengobatan untuk kutil kelamin eksternal, diterapkan oleh pasien
  • Krim Imiquimod, pengobatan genital dan kutil perianal, diterapkan oleh pasien
  • Perlakuan kimia untuk menghancurkan kutil (termasuk asam triklorasetat dan podofilin), yang harus diterapkan oleh profesional kesehatan terlatih.
  • Cryotherapy, yang menggunakan nitrogen cair untuk membekukan kutil
  • Terapi laser, yang menggunakan sinar laser atau lampu yang intens untuk menghancurkan kutil
  • Electrosurgery, yang menggunakan arus listrik untuk membakar kutil
  • Pembedahan untuk menghilangkan kutil saat berkunjung ke kantor
  • Interferon, obat antiviral, yang disuntikkan langsung ke kutil
  • Masing-masing perawatan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda harus mendiskusikannya dengan profesional perawatan kesehatan Anda.

Sumber : http://www.obat-kutilkelamin.com